Saturday 4 February 2012

a little thing we need to know

Hy blog lumayan lama tidak menulis.. Akhirnya gw punya beberapa hal yg ingin di share, tapi sayangnya topiknya terlalu random bikin gw bingung apa yg mo dibahas dan begonya, skrg gw bahkan lupa mo bahas apa aja. Lol. Let me think..


Nah sekarang gw uda inget topik yg ingin gw bahas. Jadi topik ini muncul saat gw duduk di kursi angkot menuju kampus tercinta (lagi). Ga nyangka yah naik kendaraan umum itu sesuatu loh, selalu bisa memberikan pelajaran tersendiri buat gw. hahaha.. Jadi kisahnya seperti ini: mikrolet itu cukup ramai yah saat itu, dan kalian taulah yah denah mobil mikrolet : kursi yg sederet pintu bisa muat maks 4 atau bahkan 5 orang, kalo kursi yg seberang pintu lebih banyak bisa muat sampe 6-7, dan biasanya ada kursi/balok kayu yg bisa didudukin yg ditaro buat ganjel pintu (itu bisa didudukin 2 orang biasanya), dan di paling depan samping si sopir 2 orang lah. Oke mungkin kalian bingung bagaimana sebuah mobil mikrolet kecil itu bisa memuat segitu banyaknya, tenang mikrolet masih menggunakan mobil kijang kok belom menjadi truk gandeng, hanya saja gw juga ga ngerti bagaimana bisa, tapi yang jelas kalo lagi rame, tuh mikrolet emang bisa penuh sepenuh itu, jadi kasian skali manusia yg didalamnya. ckkck.. 

Nah kursi favorit orang2 biasanya adalah pas di samping pintu, atau pas di seberang pintu. Tapi kalo orangnya mau naik untuk jarak tujuan yang cukup jauh, mereka lebih suka duduk di paling pojok -- boleh pojok sederet pintu, boleh pojok seberang pintu, sama aja. Oke uda nangkep yah.. Jadi tadi posisinya gw duduk di seberang pintu. Hari ini kondisi mikrolet gw pas awal gw naikin, cukup ramai. Dan ada seorang mba2 yg kebagian kursi buat ganjel pintu. Fyi, itu adalah kursi yang menjadi pilihan paling terakhir setiap orang biasanya, karena kecil dan ga enak.

Nah mendadak orang yg duduk di t4 paling stategis--samping pintu--turun. Eh dengan kilatnya bapak2 di samping gw berdiri (ga beneran berdiri sih yah) pindah duduk ke sana. Beda beberapa detik pas dia berdiri, gw lihat si mba2 di kursi-tidak-enak hampir mendirikan badannya juga, kliatannya tadinya dia berhendak pindah kursi-strategis tapi keduluan. Akhirnya si mba tetep duduk di kursi-tidak-enak itu lagi. Eh ga lama si bapak2 di kursi-strategis turun. Dan sekali lagi, abang2 yang duduk di pojok langsung geser cepet ke kursi-strategis itu. Dan begonya, sekali lagi sudut mata gw menangkap si mba2 di kursi-tidak-enak hampir berdiri mo pindah juga cuma keduluan lagi. Sampe gw menahan senyum gw liatnya, terus gw lirik muka mba2nya itu menangkap ekspresinya. Gw ga tau sih yah emang mukanya gitu apa ga, tapi kurang enak diliat, mungkin keki kali.

Ga lama kemudian, si abang2 kursi-strategis pun turun. Pas2an dia turun naik lagi 2 orang, dan mereka duduk di kursi-strategis (LAGI! emang gw uda bilang tuh kursi favorit banget). Dan untungnya kali ini si mba2nya belom sempet bangunin badannya sama skali. Mungkin dia ga sangka kali yah ada yang naik. hahahaha.. Akhirnya ibu2 sebelah gw turun dan kursi-strategis-kedua (seberang pintu) kosong. Si mba2 kursi-tidak-enak menunggu beberapa detik, mungkin mo tau siapa lagi yang akan menyelipnya, sebelum akhirnya dia pindah juga ke samping gw. Haleluya yah gw rasanya pengen selametin dia akhirnya berhasil juga dia dapet duduk di kursi-strategis, walaupun bukan kursi strategis yg dia tungguin dari tadi sih ya. Hahahahaa.. 

So, apa sih pelajaran yang didapat? Gw bahas sedikit saja yah. First, we must to know kalo banyak banget orang yang mengincar posisi yang strategis. Namanya posisi strategis, pastinya yang paling bagus, yang enak, yang paling menguntungkan. Dan semua manusia gw yakin pasti ga ada yang ga mau melewatkan hal2 tersebut kan.. Second, kita harus selalu cepat, gesit, dan lincah menggunakan kesempatan yang ada untuk langsung masuk dan menyelinap ke posisi yang diinginkan itu. Inget, orang2 diluar sana otaknya semuanya sudah terisi penuh oleh knowledge and experiences, dan berisi berbagai macam ambisi dan mimpi2 mereka. Pesaingan hidup itu ketat sekali. So no excuse buat bersantai2, bersantai2 dikit langsung keselip (look at that mba2, sorry bukannya mau ngatain--well emang gw ngatain sih, so indonesian!). Third, untuk dapat bertingkah gesit dan lincah, kita harus selalu sigap terhadap sekitar dan memperhatikan kapan tanda2 peluang itu akan muncul. Maka sekali muncul, kita bisa langsung bess besss.. sabet peluang itu! Forth, terkadang kita harus menerima "belum hoki" dalam kamus kita. Siapa tau emang si mba2 itu belum hoki dia duduk disana. Dan kalau kita sedang dalam posisi belum hoki, yang perlu kita lakukan hanyalah bersyukur (setidaknya masih dapet kursi buat duduk) dan bersabar, sambil tetap memperhatikan keadaan. Ingat, kesempatan itu banyak dan datangnya bukan hanya 1x. Mungkin kesempatan itu akan datang lagi, tapi dalam bentuk yang lain, tapi bisa jadi sama baiknya. Buktinya setelah berkali2 diserobot, karena tetap sabar, si mba2 dapet juga kan tempat strategis, walau bukan tempat strategis pertama yang dia harapkan, tapi yang kedua ini sama baiknya.. Tapi menurut gw, sebelum kita berpasrah dan menerima "belum hoki" ini, kita harus melakukan suatu usaha dulu, harus merasakan suatu perjuangan dulu.
Okelah demikian posting kali ini. Gw cape. awkakakaka.. Semoga berguna untuk kita semua. Amen


-salamaniselaluntukamumatuhan-

No comments: