Saturday 25 February 2012

Confident and Attitute

Oke di postingan kali ini gw mau membahas betapa pentingnya "Percaya Diri" dalam diri seorang insan manusia. Apakah anda tau apa itu percaya diri? Gw mengutip dari sebuah web, katanya:  
Percaya diri merupakan suatu keyakinan dan sikap seseorang terhadap kemampuan pada dirinya sendiri dengan menerima secara apa adanya baik positif maupun negatif yang dibentuk dan dipelajari melalui proses belajar dengan tujuan untuk kebahagiaan dirinya.

Oke aga rempong emang bahasanya, tapi gw yakin kita cukup cerdas untuk memahami makna kalimat tersebut. Yang gw mau tekankan disini adalah, percaya diri itu penting! Kalo bahkan kita ga percaya dengan diri kita sendiri, bagaimana kita mau suru orang lain percaya dengan kita. Kalo bahkan kita sendiri ga bisa menghargai kemampuan sendiri, bagaimana kita menunjukkannya ke orang lain agar mereka sadar kita punya kemampuan itu? 

Banyak orang yang tumbuh dengan rasa percaya diri yang rendah. Mereka takut untuk ngomong di depan umum, takut mengutarakan ide, takut untuk mengambil keputusan untuk umum dan bahkan untuk diri sendiri. Well, itu manusiawi.. Gw sendiri juga dulunya bukan seorang yang percaya diri. Gw bakal gemeteran banget kalo disuru maju di depan kelas, padahal itu adalah teman-teman main setiap harinya. Tapi kita belajar. Kita harus move on. Nah proses move on inilah yang tersulit. Percaya deh, memulai sesuatu itu adalah hal yang tersulit dari semua proses, tapi sekali kita uda mulai, bakal gampang banget. Merry Riana pernah ngomong, menulis jangan menunggu ide muncul, tapi mulailah menulis dulu baru ide itu muncul dengan sendirinya. Nah sering kita terpaku dan jadi diam di tempat karena bingung, gimana yah cara mulainya. Jadinya kita ga mulai-mulai.. Gw sendiri tiap kali mo nulis blog, mo bikin openingnya itu susah banget loh, cuma gw bodo amet karena kalo kelamaan mikir, yang ada gw ga batal nulis karena kehilangan mood.

Nah gimana sih percaya diri itu bisa muncul? Pertama adalah kita musti bisa mengkategorikan kelebihan dan kekurangan kita. Kita masukin dalam list, ini loh kelebihan gw, ini loh kekurangan gw. Saat lu uda tau kelebihan lu, lu jadi bisa mengembangkan potensi2 yang ada dalam diri, dan menutupi kekurangan yang ada dengan kelebihan itu. Saat kita uda mengembangkan potensi itu, pasti akhirnya kita akan menghasilkan suatu prestasi. Saat prestasi itu muncul, kepercayaan diri kita bakal muncul, dan orang lain akan menjadi kagum dan percaya pada kita. Akhirnya kita diberikan kesempatan untuk mengemban tugas yang selevel lebih berat. Jangan jadi tertekan saat kita dipercayai untuk mengemban suatu tugas itu. Itu tandanya kita mampu, orang lain uda mempercayai kita, maka jangan kita sia-siakan kepercayaan itu, gali lagi kemampuan kita dan ukirlah prestasi sekali lagi. Dan seterusnya..

Gali terus rasa percaya diri itu, karena percaya diri akan menghasilkan attitute kita. Attitute adalah hal yang terpenting untuk manusia dalam melakukan hubungan sosial dengan orang lain. Saat kita punya attitute yang baik, kita bakal berbicara dengan baik, bisa menjadi pendengar yang baik, bisa mengutarakan pikiran kita dengan baik, tau kapan kita harus bicara kapan kita harus mendengar, tau apa yang boleh disampaikan ke orang lain dan apa yang ga boleh disampaikan, dan kita bisa mengatur emosi kita agar tidak berlebihan dalam menghadapi sesuatu. Kata seorang teman gw, ATTITUDE, saat lu jumlah, akan menghasilkan angka 100. it means attitute emang hal yang paling penting. 

Jadi kesimpulannya, bangkitkan percaya diri anda dalam kadar yang sehat (ga berlebihan), maka anda akan memiliki attitute yang baik, dengan demikian anda akan sukses dalam berhubungan dan bernegosisasi dengan masyarakat..

Salamaniselaluntukamumatuhan-

No comments: