Wednesday 24 October 2012

Berlari Mengelilingi Rumah 3 Kali

Just be a quick post in the night before I'm going offline. I wanna share the other great story. And like the past, this story is taken from my exercise book (hsk 5). This is so great that once I read it, I promise myself to share it on my blog. Maybe anyone have read this story before. I will write this in Indonesia instead Chinese or English. (Actually I prefer to translate it to english, but this is a quick post, do u remember? :p)

Di kota tua Xi Zang, ada seorang bernama Ai De Ba. Setiap kali dia sedang marah atau berkelahi dengan orang lain, dia akan berlari pulang kerumah, dengan cepat ia berlari mengelilingi rumahnya sebanyak 3 putaran, kemudian beristirahat di samping sawahnya. Ai De Ba adalah orang yang sangat giat dalam bekerja, rumahnya semakin hari semakin besar, tanah sawahnya semakin hari semakin luas. Tetapi tidak peduli betapa besar rumah dan sawahnya, setiap kali dia kesal dengan orang lain, dia masih tetap berlari mengelilingi rumah dan tanahnya sebanyak 3 putaran. Sebenarnya apa yang dilakukan Ai De Ba?

Semua orang yang mengenal dia, terutama orang di desa dan anak-anaknya semua penasaran ingin mengetahui rahasia ini, tetapi tidak peduli bagaimanapun mereka bertanya, Ai De Ba selalu tidak bersedia untuk menjawabnya.

Saat Ai De Ba sudah berusia 90 tahun, rumah dan tanahnya sudah sangat besar, dan dia sudah tidak kuat lagi untuk berlari. Suatu hari, saat ia sedang marah, ia memanggil cucunya untuk memapahnya mengelilingi rumah dan tanahnya, menunggui dia yang dengan susah payah berjalan mengelilingi rumah dan tanahnya sebanyak 3 kali. 

Matahari pun sudah terbenam. Ai De Ba duduk sendirian di sawahnya beristirahat. Cucunya yang duduk disebelahnya bertanya, "Kakek, usiamu sudah begitu tua, tanah kepunyaanmu juga sudah begitu besar, kamu sudah tidak bisa lagi seperti dulu. Bolehkah kamu memberitahuku rahasiamu, kenapa setiap kali kamu marah, langsung berlari mengelilingi tanahmu sebanyak 3x?"

Ai De Ba tidak tega untuk tidak memberitahu cucunya, akhirnya dia memberitahukan rahasia terdalamnya, dia berkata, "Saat masih muda, setiap saya berantem, berkelahi, dan kesal dengan orang lain, saya akan berlari mengelilingi tanah dan rumah saya sebanyak 3 putaran, sambil berlari saya berpikir, rumah saya begitu kecil, tanah saya begitu sempit, saya mana ada waktu dan hak untuk marah dengan orang lain? Sekali berpikir begitu, kemarahan saya langsung hilang, makanya langsung menggunakan waktu untuk bekerja dengan giat." 

Sang cucu bertanya lagi, "Kakek, sekarang kau sudah menjadi orang yang kaya raya, kenapa masih harus berlari mengelilingi rumah dan tanah?"

Ai De Ba berkata sambil tertawa, "Saya sekarang juga masih bisa marah. Saat saya sedang marah, saya akan berjalan mengelilingi rumah dan tanah sebanyak 3 putaran. Sambil berjalan sambil berpikir, rumah saya sudah begitu besar, tanah saya sudah begitu luas, jadi buat apalagi saya marah? Sekali berpikir begitu, kemarahan saya langsung akan lenyap."
Good night everyone :)

No comments: