Thursday 5 July 2012

it's important to build a good impression

Menanamkan kesan yang baik pada seseorang itu ternyata sangat penting loh. Gw baru menyadarinya belakangan ini.. Saat kita punya kesan yang baik ke seseorang, kita akan lebih hormat dengan dia. Semua yang dia katakan pasti terlihat waw dikuping kita, dan tanpa sadar kita malah jadi mengagumi mereka dan pengen mirip kaya mereka..

Tapi saat kita punya kesan buruk ke seseorang, itu super ga enak. Apapun yang dia omongin, baik itu bener maupun ga bener, pasti hasilnya jadi ga enak. Saat ini gw punya perasaan seperti ini ke temen gw. Entah mungkin apa yang telah ia lakukan uda bikin sebel gw lama, dan terus ditumpuk, akhirnya sekarang gw tuh gampang banget kesel sama dia, apalagi tiap dia bahas suatu topik yang bikin gw sensitif dengerinnya. Sampe kadang gw ga enak sendiri, soalnya terkadang apa yang dia katakan jelas-jelas gw sadari kebenarannya, tapi karena kesan buruk ini, gw jadi sebel mulu dengerinnya dan anggep itu ga bener. Bahkan kadang malah jadi mendadak emosi ga jelas gitu loh.. Aneh? Ga ah.. Gw pernah denger temen gw juga begitu kok.

Mungkin cerita gw agak ga jelas yah, jadi gw kasih contoh kasus dari cerita temen gw ini deh (A).. Dia kerja di suatu perusahaan di divisi apa gitu lah. Pokonya dia punya team work beberapa orang. Dan dia punya bad impression ke si B (salah seorang teamworknya). Jadi tiap kali B ngomong kasih ide apapun, pasti ditolak A. Kalo si B suru dia kerjain sesuatu, pasti si A bawaannya jadi kesel sendiri. Padahal tuh kalo orang lain yang suru, pasti dia dengan suka rela bikin.. Nah kira2 seperti itu..

Maka dari itu gw baru menyadari, ternyata pemberian kesan itu sangat penting ya.. Kadang gw pikir, ngapain gw sok-sok bikin kesan baik. Gw kan cukup tampil apa adanya, dan siapa yang ga biasa terima, yah silakan keluar dari hidup gw.. (Sebenernya ga segalak itu juga sih..) Hahaha.. Tapi yah menurut gw, biarkan kita menjadi diri kita sendiri..

Tapi sekarang gw mikir, buat kesan yang baik itu bukanlah suatu hal yang dibuat2.. Itu kan bener2 pure, apa yang baik dari diri lu, lu kasih liat ke orang lain. Berusaha mengontrol biar kebaikan dalam diri bisa lebih tereksplor, dan menekankan sikap2 buruk dari diri kita biar tetep bisa keep good impression itu. Bener kan? Jadi ini malah suatu bentuk gimana kita dalam mengendalikan tingkah laku kita.. Hmm yah seperti itu kira-kira. Jadi kesimpulannya, kecerdasan emosional sangat penting untuk dibangun disini, selamat malam, sampai  jumpa.

No comments: