Wednesday 7 September 2011

Jangan Terlalu Serius Menghadapi Sesuatu.. :)

hai haii.. postingan gw kali ini berjudul Jangan Terlalu Serius Menghadapi Sesuatu.. #jeng jeng jeng jenggg

Topik ini uda muncul di kepala cukup lama, tapi pas online malah selalu lupa.. dan akhirnya hari ini gw ingt. soo, buat kawala2 yang suka terlalu serius menanggapi  dan menghadapi sesuatu, selow menn..  kurang kerjaan kah kalian sampe harus merempongkan sesuatu yg simpel?? huahuahauha.. 
Contoh kasus yang  paling sering terjadi adalah saat kita lagi ngobrol santai sama teman, lalu kita menyelipkan jokes yang kadang emang 50-50 antara emang fakta dan pure cuma becanda, sering kan pasti kalian lakuin?? NGAKU!! #lebai. nahh tau-tau reaksi na lawan bicara kita itu malah serius dan nanyain kita "apa sih maksudnya lu ngmg gitu?" atau "kenapa emangnya sampe bisa gitu?" atau pertanyaan2 lainnya yg sederajat.. agak sulit yah explanation-nya, gw ga tau reader ngerti ga.. jadi gw kasih contoh kasus na langsung  aja de..aduh gw jadi galau, ini gw mau bikin contoh kasus yg fiksi tapi ga kepikiran..  jadi gw ambil contoh kasus yg non fiktif aja yaa.. no offence loh, seriusan de.. cm kayanya cocok gitu sama topik kali ini.. bagi orang2 bersangkutan, sekali lagi, no offence ^^v

A : eh kalo nulis proposal itu yang lebih baik pake justify atau align left sih?
B : pake justify aja, biar lebih rapi. cuma lebih bagus lagi kalo pake centre..
A : hah, seriusan lu?? yahh gw salah dong. uda gw send lagi!
B : ...........................
 *bingung mau jawab apa* 
----crap, ini contoh yg gw bikin sendiri, agak aneh karena gw ga kepikiran, cuma yah anggep aja bisa. wkwk--

kasus 2:
A : besok temen2 jangan lupa bawa 4 spidol warna yaa.. :)
B : ‎4 spidol warna / spidol 4 warna ? >_<
A : ...................................
  *e!@#$$*

oke ayuk kita menjabarkan setiap kasus.. di kasus 1, sebenernya mungkin itu miskom karena komunikasi kurang asertif. di kondisi A, dia lagi bertanya serius. sedangkan si B sedang santai. makanya dia menjawab pertanyaan A dengan santai lalu dilanjuti jokes. tapi pas sampai di kuping A  malah terdengar serius yang bikin dia jadi kelabakan hebring, dan baru tenang saat B kasih tau kalo dia cuma becanda..
nah walau ini ga ada efek apa2 yang berarti, cuma hasilnya adalah percakapan menjadi mati dan garing krik krik.. hahaha

kalo kasus 2 beda lagi. saat dikasih pengumuman kaya gitu, okelahh itu mungkin emang kata2nya rada ambigu. catet, RADA ambigu. ga beneran ambigu kalo lu GA memperempong.. cuma herannya, kenapa kau memperempong otak kau untuk menyaring perbedaan antara 4 spidol warna dan spidol 4 warna. bikin gw na juga loading dulu.. untung gw cerdas, jadi ngerti maksudnya:
4 spidol warna : 4 buah spidol dengan warna yg sama
spidol 4 warna : spidol dengan warna berbeda sebanyak 4 buah.
nah kalo gw orang yg rempong juga, gw bisa nnya tuh: "spidol 4 warna itu maksudnya ada 4 warna dalem 1 spidol atau dalem 4 spidol berbeda2???" *sok polos*---> *dijitak* *jeder* #terkapar
oke abaikan..

jadinya amanatnya adalah.. sebenernya bagus jadi orang yang serius atau memperhatikan detail (yak istilah halusnya muncul dalam otakk, akhirnyaa.. tadaahh). karena kalo jadi orang yang terlewat cuek juga ga bagus buat kesehatan bersama.. cuma tetep kembali ke prinsip: not over. semua yang berlebihan jadi ga sehat. kita ga perlu terlalu menganggap semua perkataan orang itu adalah serius atau penting. sampai2 joke sekalipun kita anggep secara serius, yang dampaknya bikin suasana jadi garing. kalo keseringan terjadi, orang bisa jadi ilfeel ngobrol sama kita lohh..
kita juga ga perlu berpikir dan menganalisa terlalu jauh sampai2 bisa mengeluarkan pertanyaan yang bahkan orang laen juga ga kepikiran. walo sebenernya untuk kasus ke2 gw agak2 sangsi tuh orang nnya na seriusan atau engga ya?? apa gw yang senjata makan tuan, masuk ke tipe orang serius yg over (liat kasus 1). wkwkwk. tp emo >< na mmbuat gw berpikir itu bertanya serius. yah apapun itu, yang jelas kalo kita terlalu serius dan mendetail, itu bikin orang2 di sekitar kita menjadi risih dan ga nyaman. kalo keterusan, lama2 orang jadi males temenan sama kita..  
so, keep simple but critical, and critical but simple.. :D
rock guys!


No comments: