Sunday 11 November 2012

Game as same as Life, Life as same as Game

Semua orang pasti suka main dong? Mulai dari permainan jadul nan simpel macam kelereng, congklak, sampe agak canggih macam gameboy atau tamagoci, dan PS1-PS2-PS3-PSP (well yg gw sebutin semua so last year yah), dan dengan berat hati dan sirik hati, iPad, maenan untuk anak-anak dibawah umur jaman sekarang. Omo, gw aja dulu kalo maen semua serba manual. Kalo mo maen masak-masakan yah beneran pake alat2 masak. Kalo anak sekarang kan tinggal simply donlot game macam cooking mama dan bermainlah mereka. Cuma tastenya beda deh.. Mending back to nature. Kalo kata sapa gitu di film Skyfall, kadang kembali cara lama lebih berguna atau lebih apa gitu lupa gw..

Nah, terus semuanya pasti pernah main atau minimal tau yah game Sims (oke, sebenernya gw malahan yang ga pernah main game ini. Gw pernah main game semacam ini, cuma bukan merek sims. heheh). Nah, yang mau gw bahas kali ini adalah tentang Sims. This game is related with our real life, or maybe this game is made based on our real life.  Yah bisa dibilang semacam itulah ya. So, Game as same as life, and life as same as game

Game macam Sims (since i never played it, but I think it just same with the kind of game i played, so i google what kind of game sih Sims ini, dan definisi wikipedia adalah, It is a simulation of the daily activities of one or more virtual persons ("Sims") in a suburban household near SimCity). Bearti ini adalah tipe game yang lu kaya membangun sebuah karakter. Bagaimana kita menciptakan suatu karakter yang kita mau, dan harus bertanggung jawab atas karakter yang mau kita bentuk itu. Kita harus bersosialisasi dengan karakter lain demi merealisasikan tujuan hidup dari karakter yang kita jalanin ini. Gw menggunakan game yang gw mainin aja deh ya, lupa judulnya apa, pokonya game di HP yang uda lama gw mainin sampe berulang-ulang dan baru terpancing untuk meliput sekarang ini.

Jadi kita musti perhatiin kesehatan kita, makan sehat yang biayanya agak mahal dan tidur cukup, kesehatan naik. Minum bir atau dugem, kesehatan menurun. Belajar, culture naik tapi humor turun. Nonton comedy, humor naik tapi culture turun. Bantu orang lain, kindness naik charisma juga naik. Jahat dikit aja, charisma dan kindness langsung turun jauh dan meningkatkan criminality. Saat kita masih baru newbie dimana semua categories ratenya masih rendah, orang-orang kalo diajak ngomong gitu-gitu aja ladenin kita, bahkan ada yang nyolot. Saat self-esteem, sex appeal, charisma naik, baru orang mulai lebih menghormati kita. Bahkan kalo kita uda full semua ratenya, kalo di kehidupan nyata mungkin kita uda jadi seorang yang sukses banget, semua orang baik cewe maupun cowok, baik yang pernah diajak ngobrol maupun ga pernah diajak ngobrol, semuanya pas kita lewat doang uda langsung nengok dan muncul emo love-love kagum gitu (di game gw yah ini, kalo sims gw ga tau).

Nah gimana sih caranya naikin tingkat self esteem, charisma dan sex appeal (3 unsur pokok dalem hidup)?
1. Self esteem
Self esteem atau yang biasa disebut dengan harga diri adalah hal paling pokok dan mendasar dari semua unsur. Kita harus punya harga diri yang tinggi biar bisa dihargai tinggi oleh orang lain, tapi bukan menjadi sombong. Cara ningkatin harga diri adalah dengan menjadi seorang yang pintar. Pintar dalam segala hal. Dalam pelajaran, dalam bergaul, dalam berbicara, dalam membawa diri, dalam mengatur diri dan berpenampilan. Karena orang yang akan kita menjalin hubungan itu berasal dari semua tipe. Mulai dari yang mementingkan knowledge, mementingkan kedisiplinan, mementingkan humor, mementingkan profesionalitas, mementingkan yang simpel, dan lain-lain. 
Kita harus punya sifat seperti kadal, yang bisa menyesuaikan diri dan mengubah diri sesuai dengan lingkungan, atau bahasa yang pernah diajarin sama temen gw adalah, mirroring. Kita bisa mirror menjadi seorang yang homoris saat berhadapan dengan orang yang suka bercanda. Kita bisa jadi orang yang berintelektual saat bertemu dengan orang yang pintar, dll. Intinya kita harus mengenali karakter orang yang akan kita ajak komunikasi. Ngobrol hal yang ia suka, rate self esteem, charisma dan hubungan kalian makin tinggi. Ngobrol hal yang ia ga suka, rate self esteem akan turun, dan hubungan menurun. Tapi jangan menjadi orang yang sok asik jadinya, sok-sok an ngerti dan ajak ngobrol tentang hal yang ia suka, padahal kita ga punya pengetahuan apa-apa dalem bidang itu, bukan cuma rate self esteem dan hubungan kalian yang turun, charisma juga akan turun pesat..

2. Charisma
Nah ini uda sempet disinggung dikit diatas, yang penting kalo kita uda punya self esteem, berarti untuk dapet karisma juga uda gampang. Caranya yang penting harus tau, atau bahkan bisa menguasai beberapa hal atau topik umum yang penting untuk diketahui, seperti politik, ekonomi, sport, dll. Jadi saat ketemu orang dengan hobi-hobi dan topik kesukaan umum ini, kita mudah untuk berkomunikasi dengan mereka dan meningkatkan karisma dimata mereka. Karisma biasanya tumbuh untuk hal-hal yang bersifat intelektual, bukan hal-hal yang hanya entertaining macam gosip.

3. Self appeal
Kalo self appeal uda pasti semua tau, yang penting berdandan rapi, ga menebarkan bau-bauan yang aneh, dan kalau yang uda dilahirin cantik, berbahagialah. Karena ini adalah unsur yang paling terberkati menurut gw. Saat lu dilahirin cantik, orang bawaannya seneng aja ngelihat dan ngomong sama lu. Jadi lu uda one step lebih mudah untuk grab their attention lah setidaknya. Tapi kalo kata orang bijak, semua orang dilahiri cantik, cantik on their own way. Cuma ga bermunafik, kecantikan fisik itu cukup mempengaruhi yah dalam membentuk kesan pertama (and everybody know that first impression is damn important). hahahaa..

Oke sekian pembahasan hari ini, semoga kita bisa meningkatkan ketiga unsur penting dalam hidup ini dan mencapai sukses, wuhuu.. see you babaii..


No comments: