Wednesday 13 July 2011

koloni positif atau negatif yah?

artikel :
koloni positif atau negatif yah?

dalem hidup tuh pasti ada asem manis nya, mau tuh asmara, keluarga, pertemanan, semuanya deh.. jangan lakuin apa yang lu ga mau orang laen lakuin ke lu, maka lakuinlah apa yang lu mau orang lain lakuin ke lu.karena apa yang lu tabur itu yang lu tuai.. aduh sebenernya sih gw pengen ngomong idiom itu dalem inggris, tapi gua lupa apa inggrisnya, bzzz.. yasudahlah yang penting ngerti. hehe

intermezo curcol gw: gw dari dulu paling sebel kalo orang  berkelompok buat satu koloni yang bikin sebuah benang-ga-kliatan ngebungkus anggotanya, bikin orang2 laen yang ga terikat benang tersebut jadi ga enak hati. walo gitu, gw juga ga bisa nolak dong kalo akhirnya kelilit dalem benang-ga-kliatan itu karena berdiri didalemnya pas tuh benang mau diiket. 

halahh sebenernya yang enak itu ikutan terikat dengan benang-ga-kliatan itu atau berada di luar benang itu aja? mari kita bahas point pertama, kita terikat dalam benang itu yang berarti kita diakui masuk dalam koloni itu, kita merupakan bagian dalem kelompok itu. plus-nya buat kita adalah kita secara ga langsung 'aman' karena olwes punya koloni yang 'kompak'. padahal kekompakkan itu seringkali hanyalah sampul depan yang menarik bikin orang2 demen liatnya dan kadang bisa bikin envy juga, tapi sayangnya apakah sampul depan itu bener2 mencerminkan isi dalemnya? apa mereka bener2 kompak satu sama lain alias SEMUA anggotanya, bukan cuma anggota tertentu atau bahkan ga ada sama sekali. terus negatifnya pastinya lebih dirasakan oleh orang lain ya, mereka jadi risih ga enak kalo bergaul bersama kita, merasa jadi orang asing yang kepo, dll. padahal dalem kasus kaya gini, banyak loh orang2 yang berkoloni itu ternyata ga deket sama anggota koloninya dan jauh lebih deket sama temen lain diluar koloni. terus orang anggota koloni juga bisa kena negatifnya, yaitu karena mereka terkesan uda punya kawan sekutu sendiri, jadi ga diajak dalam kegiatan2 sosial [ex: jalan2, nongkrong bareng], dan terkesan sombong dan menutup diri. Kita jadi sedikit ketinggalan di  kehidupan sosial yang lebih luas istilahnya. 

point kedua, kita ga terikat dalem benang-ga-kliatan. negatifnya yah uda dijelasin yah, kita merasa jadi orang asing gitu kalo lagi bergaul bersama orang2 berkoloni walaupun mereka welcome kita dengan sangat ramah sekalipun, kita merasa kuper dan sendirian karena ga ada kawanan sekutu. tapi ada positifnya juga, kita jadi lebih fleksibel bisa nempel dimana2, kita ga terikat dalem suatu benang yang 'mengharuskan' kita secara ga langsung untuk selalu tampil bersama dan mengerti satu sama lain, padahal kan belum tentu kita selalu mengerti temen2 sekoloni kita. terus kita juga ga harus untuk selalu berbagi dan menghabiskan waktu bersama. mungkin kalian bingung, emangnya kalo berkoloni tandanya musti bersama terus ya??

secara de facto, ada peraturan sosial yang tidak tertulis dan harap disadari sendiri kalo saat kita uda punya koloni yang biasa kita sebut dengan geng, ato sobat2, ato segala istilah sederajat, intinya adalah kelompok sahabat kita, kita pasti harus berusaha selalu bersama. seperti layaknya arti sahabat beneran gitu, selalu bersama selamanya, berbagi, ga ada rahasia, dll dehh.. yah, jadi kalo anda sudah berkoloni, pasti secara langsung dan ga langsung temen2 kalian mengharapkan kalian menghargai peraturan itu. heheh. jadi siap2 bagi kalian yang berencana membuat teman sekutu ya.. :)

terus intinya kenapa sih orang mau buat koloni gitu? intinya manusia tumbuh dengan dua karakter khas dalam pertemanan. ada yang lebih mementingkan kuantitas, ada juga yang lebih mementingkan kualitas. mereka yang mementingkan kualitas bertingkah bodo amat sama orang2 lain yang penting dia punya temen yang sehati sendiri.dan orang seperti itu sering kali agak menjengkelkan untuk orang2 yang bukan anggota koloninya, soalnya mereka terkesan menomorsatukan sahabatnya doang dan diri sendiri, sedang orang2 laen ada di nomor urut sekian. apa2 langsung didahulukan untuk sahabat sehatinya, bahkan sering melakukan atau mengatakan hal2 yang bisa menyakiti hati orang lain. 

padahal yang asik itu adalah mereka yang bisa menghargai keduanya, kualitas dan kuantitas. jangan menutup diri dengan orang lain karena pikir yang penting uda punya temen baik, jadi untuk apa lagi punya temen2 lain yang cuma sekedar say-hy. jangan juga hanya memikirkan kualitas sehingga semua orang kenal sama kamu, tapi saat kamu mau curhat atau apa, kamu jadi bingung sendiri karena ga ada temen yang bener2 baek n bisa diandalkan saat kita lagi sumpek.

jadi sebenernya berkoloni atau ga ada plus minusnya masing2. lakukanlah apa yang kamu nyaman untuk lakukan dan jangan lakukan kalau kamu ga nyaman alias terpaksa. lakukan semuanya jangan berlebihan, lakukan secara sehat. dan sekali lagi inget, apa yang kamu tabur itulah yang kamu tuai. gud luck dalem menjalin persahabatan semuanyaa.. :)

No comments: