Friday 10 May 2013

Trip #1: Kampung Wisata Cinangneng - Bogor

Oke, kita bahas topik jalan2-jalan dulu aja yaaa.. Hihih.. Soalnya topik ini biasanya hangat di hati kalo abis dijalanin, kalo uda lama jadi males diulas.. Jadi ceritanya gw bergabung dengan international buddy (selanjutnya dikenal dengan iBuddy) untuk periode tahun ini. Kerjaannya adalah menjadi buddy untuk anak-anak luar yang lagi study exchange ke binus. Hohoh.. Dan buddy gw adalah anak Thailand. Jreng jreng..

Sejujurnya pas awal pertama gw dibilang bakal datang selusin anak Thai, gw berharap sedikit semoga ada yang seganteng Mario Maureer. Yah terlalu muluk emang gw, ga usa seganteng dia dehh, cuma yang penting sedap dipandang. Walau gw sangsi, karena setau gw orang-orang Thai 11-12 sama orang Indonesia. Dan ternyata benar saja.. Anak Thai-nya standar semua ga ada yang seganteng P'Shone.. Hahahaa.. Tapi itu bukan masalah. Mereka baik dan sopan, enak diajak ngobrol, that's all. Itu hal dasar paling utama untuk menjadi teman gw. Hahaha..

Setelah mereka di Binus selama 3 bulan, dan kami baru saja sama-sama melewati masa-masa suram (re: UTS), maka kami diberi kesempatan untuk jalan-jalan ke Bogor.. Yuhu.. Total rombongan kami kurang lebih ada 40 orang, mulai dari anak-anak Indonesia, anak Thai, dan anak-anak luar seperti Prancis, Jerman dan Canada. Well, i'm so proud to become a Binusian \(^.^)/ . Psst, orang dari Canadanya ganteng banget loh sungguh!!

Jadi tempat bertemu kami di Binus Square jam 9 dan setelah semua komplit, kami meluncur ke Bogor, untuk ikut program "Poelang Kampoeng" di Kampung Wisata Cinangneng, Bogor, FREE! hahahaa.. (free dari binus ya, bukan dari Cinangnengnya). Dan program ini sangat menyenangkan loh kegiatan-kegiatannya, cuma sayangnya terlalu terburu-buru tiap sesinya, jadi gw kurang puas.. Plus lagi, dengan ada acara kaya begini, bener-bener improve my chinese and english skill. Tapi terutama chinese sih. Soalnya bener-bener sulit menemukan lawan bicara berbahasa mandarin kalo di kehidupan sehari-hari. Hahaha..

1. Learn to play Angklung & sing Sundanense song
Pas pertama kami datang, kami semua langsung mulai diajarin main angklung. Semua warga Indonesia pasti tau apa itu angklung, yang ga tau silakan cek disini, tapi yg gw share web-nya pake english. Hahaha.. Pengetahuan yang gw dapat untuk main angklung adalah, cara pegang angklung yang benar adalah tangan kiri di diletakan angka 1 (bambu yang lebih tinggi pojok atas), tangan kanan di angka 2 (bambu yang lebih pendek pojok bawah). Tangan kiri fungsinya hanya memegang dan menahan angklung, sedangkan tangan kanan yang berfungsi menggoyangkan angklung biar tercipta nada yang diinginkan. 
Angklung hanya ada 8 buah, dari do rendah sampai do tinggi, sehingga kalo butuh re tinggi sampai selanjutnya, caranya mudah, gunakan tangan kiri untuk menahan daerah yang digarisi hijau (nomor 3), sehingga yang bunyi hanya bambu yang lebih pendek.


Kami main lagu "Rayuan Pulau Kelapa" dan "Tokecang" dengan angklung ini. Ada 2 cewek Prancis yang super semangat. Setiap kali sampai di nada angklung bagian mereka, mereka sontak langsung menggoncangkan angklung dengan penuh semangat sampe satu badan bergetar. Lol! Terus kami juga belajar lagu sunda yang gw lupa judul maupun nadanya. heheh..

2. Learn to play Gamelan & painting a farmers hat
Berbeda dengan angklung yang bentuknya sama semua cuma beda ukuran, gamelan terdiri dari bermacam-macam jenis. Pelajaran yang ini kurang seru karena kami hanya disuru memainkan 2 nada yang diulang-ulang nonstop sampe bosen. Krik krik..
Lanjut langsung ke painting a farmers hat. Kami diberikan masing-masing sebuah topi dan diberikan waktu 15 menit untuk menghias topi kami. Topi ini ada 3 fungsi. Kalau untuk lelaki, digunakan untuk menghalangi sinar matahari pas di sawah. Kalau untuk wanita, digunakan untuk mencuci beras dan menanak nasi.
Ini adalah dekor kilat topi buatan gw :3





3. Learn to make puppet from cassava leaves
Ini cukup kreatif loh. Sayangnya gw males menjabarkan caranya yang cukup kompleks disini. Bahkan saat gw mau mamerin hasil karyanya, gw ga punya fotonya. Hahahaa.. Abisnya waktu itu gw pikir bakal foto pas uda sampe rumah aja. Taunya gw sengaja melupakan hasil karya gw dan tergeletak di meja makan disana.. Jadi akhirnya gw ambil foto puppet buatan temen gw aja yaa.. hahahaha.. Sayang foto ini tampak depan sehingga kepalanya ga kliatan, padahal lebih indah kalo tampak dari samping.

4. Learn to make a traditional cookies called bugis & traditional drink called wedang jahe
Ini juga lumayan menarik, cuma gw tetep males jelasin disini. Gampang kok cek gugel pasti ketemu deh ya caranya. Hihih.. Pokonya yang aga menarik di sesi ini adalah, temen gw harus sibuk menerjemahkan ke Inggris penjelasan si teteh (panggilan untuk wanita yang lebih tua) yang menjelaskan kepada para anak-anak luar negeri yang kebetulan sekelompok sama gw tentang tata cara pembuatannya. Yah, forget to mention, kami dibagi menjadi 4 grup selama sesi ini dan gw kebetulan sekelompok sama temen-temen Indonesia 3 orang dan sisanya segerombolan geng cewek Prancis yang cantik-cantik (sayang kulitnya banyak noda), 2 orang cewek Thailand, dan seorang cewek Jerman.

5. Tour Kampoeng (visit some home industries)
Nah yang menarik dari kampung wisata ini, mereka bekerja sama dengan perkampungan warga sekitar, sehingga salah satu program "Poelang Kampoeng" ini memungkinkan para wisatawan untuk berkunjung langsung ke kampung tempat tinggal warga dan melihat mereka yang buka home industry. Ada yang jualan tas, dompet, keset kaki, sampai kerajinan tangan seperti obor, miniatur, dan enggrang dari batok kelapa. Harganya murah banget karena langsung dari tangan pertama. Katanya, kalo uda masuk ke pasar diluar, harganya bisa naik sampe 3x lipet!

6. Learn to plant rice, crossing river & washing buffalo
Gw skip kegiatan di sesi ini dengan hanya menonton. Abisnya gw males membasahi dan mengotori kaki. Kebetulan gw bukan satu-satunya orang yang ga ikut dalem sesi ini kok. Hahaha.. 

And finally kita duduk setelah capek seharian. Ngobrol2, gosip2, dan pastinya foto2..
Me and Nuray (my iBuddy)

Ini dia si bule Canada ganteng. (Gw nemu di album foto tmn gw. Lol) - Boom - Song

Angel dengan senyum lebarnya sampe matanya segaris. Lol!!

Rombongan Indo - Thai
candid by May



where am I looking for?? :s
Me - Le (Nuray's nickname) - Angel
Angel - Me




Btw, kemarinnya iBuddy gw (Le) baru pulang dari Bandung, dan dia kasih gw oleh2.. Nah yang menarik, salah satu dari oleh-oleh dia adalah coklat hias yang yang dibentuk bagus gitu.. Dana dikasih coklat bentuk doraemon, katanya gara-gara dana mirip sama doraemon. Dan dengan mengambil prinsip yang sama, gw seharusnya dikasih coklat yang 'dikira' mirip sama gw donggg.. And what I get from my buddy? Coklat bentuk Princess!! HAHAHAHA.. Oke, sekian sebelom diprotes..


3 comments:

Anonymous said...

I'm really impressed with your writing talents and also with the structure to your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep up the nice high quality writing, it's uncommon to peer a great
blog like this one today..

Also visit my web site: Psn Code Generator

Anonymous said...

Hi, I do think this is an excellent website. I stumbledupon it ;) I am going to come back once again
since i have book-marked it. Money and freedom is the greatest
way to change, may you be rich and continue to help other people.


Here is my weblog; Psn Code Generator

Aurelia Reina said...

hy, thx for your compliment, stranger :P I dont know, do u speak indonesian? since u post an english comment on my indonesian post. Lol..
I customize it by myself, but I get the background free from a website. :)