Saturday 16 February 2013

Banyak orang yang tahu tapi ga bisa lakuin

Lamaaa banggeettt ga nulis yaa. Lebai ya. Cuma kan emang biasanya kalo di taon2 lalu sebulan gw bisa nulis beberapa post, dan ini uda masuk bulan kedua dan baru 1 post, apaah?!! 

Sebenernya gw bukannya terlalu sibuk, bukann.. Bukan karena abis ujian, bukannn.. Tapi karena gw emang lagi ga punya ide buat menulis sesuatu yang berkualitas. Gw merasa post terakhir-terakhir gw di blog ini kurang greget, ga ada artikel yang bisa menambah pengetahuan atau membuka pikiran gitu, cuma curhat-curhatan anak kuliah ga jelas gw gitu yang gw percaya sekali dua kali dibaca lumayan jadi intermezo, tapi kalo terus-terusan, orang bakal muak dan meninggalkan membaca blog gw, hiks.. Makanya untuk mengantisipasiii, gw break dulu deh yang malah jadi keenakan. hihihi. Tapi saat gw akhirnya memutuskan untuk menulis hari ini, bukan karena akhirnya gw dapet topik yang menarik, tapi karena gw merasa gw uda terlalu lama ga update dan takut pada mati kekangenan. *being slapped*

Tapi tenang2, gw ada topik lumayan bagus kok kayanya hari ini, walo sebelomnya gw mau memasukkan hal ga penting dulu sekarang. Abis kalo dijadiin 1 post, terlalu singkat, kalo ga dipost, gw na mau ngepost. Salahkah bila diriku, terlalu banyak mau, jangan tanyakan mengapa, karna ku tak tahuuu... Oke itu adalah, akhirnya di penghujung taon kemaren gw berhasil membuat scrapbook lagi untuk yang kedua kalinya dengan konsep berbeda untuk temen gw, Stella. Emm, sebenernya ga bisa dibilang scrapbook, tapi lebih ke buku note kali yah. Pokonya yang jelas konsep kali ini, 100% buatan tangan gw. Gw cm share foto covernya (gila covernya unyu abis gw sampe ga rela kasih ke dia! hahahah) dan salah 1 quotes yang gw suka.. :) Sebenernya masih ada 1 lagi sih, cuma gw ga tau nih gw taro dimana fotonya ga ketemu. Mungkin nyusul suatu hari nanti. hahahah..

Sedikit cerita behind the scene dari buku ini, ini gw kasih ke Stella sebagai kado ultahnya yang super telat. Abisnya pertama gw ga kepikiran mo kasih apaan ke dia, sampe g pikir yada diemin aja ga usa kasih kado. Eh abis itu pas menjelang libur taon baru, jiwa kreatif gw sangat tinggi dan gw pengen banget bikin buku tulis buat gw sendiri yang covernya gw bikin sendiri. Terus gw baru pikir, ini si stella juga gw bikinin aja kali ya, soalnya kayanya dia termasuk anak yang suka sama hal2 beginian. Dan kalo dia gw bikinin ginian, pasti disimpen. Sekali lagi, gw sangat menyaring orang2 yang pantas dapet hasil karya gw. Syaratnya cuma 1, tuh orang cukup menghargai hasil kerja gw dan bisa merawat. Dan dia jadi anak beruntung yang gw bikinin deh.. Tau ga, karena gw menumpahkan banyak waktu buat bikinin dia buku, as i mentioned, buku ini 100% buatan tangan gw (di dalemnya gw ada gambar tangan beberapa lembar bukan pake komputer), alhasil jiwa kreatif gw tersalurkan dan gw uda cukup ga kepengen bikin lagi buat gw sendiri. Akhirnya sampe skrg buku gw POLOS dan entah kapan gw bakal bikin desain buat buku gw sendiri. Wkakak..

============================================================
Oke langsung ke topik yang lumayan pentingnya aja.. hahaha. Jadi begini, pas hari Rabu kemarin pas di bawah sinar matahari, gw melihat kulit gw berbintik merah-merah. Terus gw bingung kenapa yah, cuma akhirnya gw cuekin. Terus pas hari Kamisnya gw baru inget lagi dan baru peratiin, ternyata bintik2 merah itu memenuhi bagian anggota tubuh gw mulai dari tangan sampai kaki. Anehnya merah2nya ini ga nyentrong, ga bakal ngeh gitu kalo ga peratiin, ga berjendol dan ga gatel. Makanya gw santai2 aja walau aga takut terkena penyakit serius macam demam berdarah, amit2..

Setelah gw kasih tau mama, beliau juga heran dan cuma ngomong, "Kenapa yah?" dan melupakannya begitu saja.. Karena merah-merahnya sampe hari ini masih ada walau uda mulai memudar, mak gw baru mulai lebih khawatir dan ajak ke dokter. Telat banget gila si mama khawatirnya, pas uda mulai pudar baru ke dokter.. Cuma karena gw anak yang penurut (boong banget), maka gw setuju.

Maka kami pergi ke Dokter Inneke yang di greenville. Singkatnya, gw ga kenapa2 katanya sih cuma paling kena virus apa bakteri gitu. Nah cerita gw baru mau dimulai, karena tadi cuma pembukaan. Yang mau gw critain adalah si dokter Inneke. Jadi si bu dokter ini uda praktek lama banget yah entah beberapa puluh tahun, dia dokter spesialis kulit dan kelamin kalo gw baca dari kartu namanya. Semuanya berlangsung oke sampai suatu hari rumahnya kebakaran karena kompor meledak. Beritanya sempet masuk koran dan berita mungkin, cuma karena gw pembaca berita yang kaya kapal selam, kadang nonton kadang ga, makanya gw ga tau. Mama tau, tapi ini cerita lengkap dari ibu dokter.

Katanya sih regulator kompornya ga kenceng dan akhirnya meledak. Beliau langsung kesamber api dan buru-buru lari copotin baju dan roknya yang kena api dan buru-buru ambil baskom air dan celupin tangannya ke air. Tapi sayangnya ini ga menolong banyak, beliau liat kulitnya uda mengkerut semua. Gw deskripsiin sedikit rupa si ibu dokter tadi pas gw dateng. Dia wanita sudah berumur, lumayan tinggi, jalannya tertatih2 dan jari-jari tangannya menekan ke arah telapak tangan, kayanya kaku gt. Hanya jari jempol dan telunjuknya yang bisa dilurusin.

Singkat cerita, dia dibawa ke dokter setelah mengalami luka bakar di seluruh tangan, kaki, sedikit di bagian leher dan wajah. Beliau di rawat di rumah sakit selama 1 tahun an (oh menn..) dan akhirnya boleh pulang, walau pada saat itu dia tetep belom bisa ngapa-ngapain cuma bisa di kursi roda. 
"Tangan dan kaki saya kaku, uda kaya kayu. Cuma bisa tiduran di ranjang"
Beliau nolak untuk di fisioterapi, karena katanya ga berguna. Mending beliau latian sendiri. Karena untuk fisioterapi berarti dia musti setiap hari ke tempat fisioterapinya, dan untuk kesana aja beliau musti digendong berkali2. Dari rumah-kursi roda-mobil-kursi roda. 

Gw kurang jelas kenapa, pokonya karena luka bakar itu, mengakibatkan kaki dan tangannya kaku dan menekuk semua. Kakinya menekuk lurus jadi kaya posisi jinjit, sehingga beliau musti operasi sekali di negeri tetangga biar bisa balikin kakinya dalm posisi 90 derajat. Walau akhirnya kakinya uda bisa menekuk, tapi kakinya tetep kaya balok kayu yang ga bisa digerakin. Maka setiap hari beliau gerak2in kakinya sendiri. Tapi latihan gerakin kaki ini malah bikin pembuluh darah kaki dia pecah. Jadi setiap dia coba gerak, kakinya berdarah. Kalo uda berdarah, dia bakal berenti dan coba lagi besok. Begitu terus sampai akhirnya ga berdarah lagi. Sampai suatu hari dia uda bisa menggerakkan kakinya depan belakang, kiri kanan, dan gerakan memutar, maka pas di dokter, dia mau latihan berdiri. Tapi sekali dia berdiri, pembuluh darahnya pecah lagi dan mengeluarkan darah sampai 2 sendok katanya sehingga dia musti ditransfusi darah.

Berat dan kelam banget pokonya pasti peristiwa itu. Tapi sekarang finally beliau uda bisa berdiri, bisa jalan, bisa nulis, bisa praktek lagi, luar biasa loh. "Untung dokter, dokter ya. Jadi setidaknya tau apa yang musti dilakuin," kata Mama.
"Jangan salah. Banyak orang yang tahu tapi ga bisa lakuin. Yang penting kemauan."
Sepenggal kalimat beliau ini sangat berkesan buat gw. Banyak orang yang tahu, tapi ga bisa lakuin. Entah karena emang ga mampu, atau karena ga mau. Yang jelas berkat tekad dan kemauan beliau, dia bisa bangkit dan pulih lagi. Walau belom 100% pulih, tapi dia uda jauhhhh jauuuhhh banget lebih dibanding jaman dulu yang cuma bisa berbaring dan untuk bangun tidur doang musti digendong. Ia kan? 

Beratus-ratus buku pengalaman jatuh bangkit orang lain sering kita baca, tapi percaya deh, pas lu mendapatkan cerita itu dari seorang yang lu kenal baik secara langsung maupun tidak langsung, kita bakal lebih tersentuh. :')

No comments: